Dewan Komisaris

Dewan Komisaris merupakan organ perusahaan yang bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan umum dan/atau spesifik sesuai Anggaran Dasar perusahaan dan memberikan nasihat kepada Direksi, serta memastikan bahwa perusahaan menerapkan prinsip-prinsip GCG secara efektif.

 

Piagam Dewan Komisaris

Sementara Piagam Dewan Komisaris AMI sedang dif inalisasi, Dewan Komisaris menjalankan tugas, tanggung jawab, dan wewenang sesuai dengan Anggaran Dasar.

 

Komposisi Dewan Komisaris

Komposisi dan jumlah anggota Dewan Komisaris ditentukan oleh RUPS dengan mempertimbangkan kondisi dan keragaman keahlian, pengetahuan, dan pengalaman anggotanya.

Rekomendasi komposisi anggota Dewan Komisaris dibuat oleh Komite Nominasi dan Remunerasi Perusahaan, yang perannya dijalankan oleh Dewan Komisaris.

Dewan Komisaris AMI terdiri dari enam anggota: empat perwakilan pemegang saham utama dan dua komisaris independen. Komposisi ini sesuai dengan Anggaran Dasar, Peraturan OJK No. 33, dan Piagam Dewan Komisaris AEI, yang menetapkan bahwa setidaknya 30% dari anggota Dewan Komisaris merupakan komisaris independen. Sesuai dengan Peraturan OJK No. 33/POJK.04/2014, komisaris independen harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. bukan merupakan orang yang telah bekerja atau mempunyai wewenang dan tanggung jawab untuk merencanakan, mengarahkan, mengendalikan atau mengawasi kegiatan perusahaan selama enam bulan terakhir;
  2. tidak memiliki saham, baik langsung maupun tidak langsung, dalam perusahaan;
  3. tidak mempunyai hubungan af iliasi dengan perusahaan, Komisaris lain, Direksi atau pemegang saham utama perusahaan; dan
  4. tidak mempunyai hubungan usaha baik langsung maupun tidak langsung dengan kegiatan usaha perusahaan.

 

Sampai dengan 31 Desember 2021, tidak ada satupun anggota Dewan Komisaris AMI yang menjabat sebagai Direksi dan Komisaris di lebih dari dua perusahaan terbuka lainnya, yang memenuhi ketentuan Peraturan OJK No. 33/POJK.04/2014.

 

Per tanggal 31 Desember 2021, komposisi Dewan Komisaris AMI adalah sebagai berikut: